Tempat Pelatihan Pemetaan Evakuasi Bencana Berbasis Gis

Proses perencanaan evakuasi adalah sebuah peta evakuasi tsunami dan prosedur yang terkait dengannya. Peta evakuasi tsunami menjelaskan tentang zona dan strategi evakuasi, dan digunakan untuk informasi kepada publik. Lazimnya, peta disajikan dalam bentuk peta cetak, poster, flyer, papan, atau dalam media digital (online). Peta evakuasi harus mudah dipahami dan disajikan sedemikian sehingga informasi yang kunci mudah untuk diingat. Karena itu, desain dan tataletak peta menjadi penting.
Meskipun peta evakuasi tsunami bisa digambar secara manual, biasanya peta digital lebih disukai karena format ini sangat baik dalam hal penyajian dan memudahkan modifikasi ketika diperlukan adanya perubahan-perubahan.
Pemetaan berbasis Gis

Mengingat Indonesiaterdiri dari pulau dan lautan yang tidak luput dari bencana alam baik, gempa bumi, stunami, gunung meletus , tanah longsor , banjir, dan masih banyak lagi bencana yang berasal dari alam dan human error manusai sendiri, dengan ini kami technophoria siap membantu dalam hal pelatihan untuk menangani bencana alam paling  tidak kita bisa memetakan daerah daerah yang di anggap rawan bencana.

Pelatihan ini sangat penting untuk instansi pemerintah dan BUMN maupun instansi swasta. Seperti untuk penambangan, jalur rel kereta api dan lainnya. Banyak topik topik  yang dibahas dalam pelatihan ini termasuk pemahaman umum mengenai sistem informasi geografis (GIS) dan bagaimana bekerja dengan data spasial dan prinsip-prinsip kartografi. Topik-topik tersebut diletakkan dalam konteks proses perencanaan evakuasi tsunami yang tengah berjalan serta penggunaan peta digital dalam langkah-langkah proses perencanaannya. Ketika membahas pendekatan lima langkah dalam perencanaan evakuasi (lihat Panduan Perencanaan untuk Evakuasi Tsunami dari proyek, dapat diunduh di www.gitews.org/tsunami-kit), peta-peta bahaya tsunami  diperiksa  dan  konsep  peta  evakuasi  dijelaskan  lebih  terperinci,  termasuk tentang isu skala dan generalisasi, unsur-unsur yang harus diperlihatkan dalam peta, penggunaan simbol, serta tataletak peta.

Sebagian besar dari pelatihan terdiri dari praktek langsung dengan salah satu piranti lunak open source GIS, yakni Quantum GIS, menggunakan keluaran-keluaran perencanaan evakuasi sebagai data untuk latihan. Pelatihan intensif satu minggu ini diharapkan dilanjutkan dengan pekerjaan menghasilkan peta evakuasi tsunami yang sesungguhnya oleh peserta.

Alamat   Kantor     : Jl.Perumnas No. 83 Seturan, Sleman - Yogyakarta
 Biaya                  : Rp 4.500.000,-



Untuk Informasi pelatihan  baik permintaan proposal / surat undangan, Materi dan jadwal pelatihan segera hubungi kami:


ZAINI
0818 0273 4566
Email : jhahe48@gmail.com


Fasilitas
  •      Ruang Kelas ber AC
  •      Perlengkapan kelas ( OHP/Infocus/LED )
  •      Modul, Handout, Block Note
  •      PC dan Perlengkapan Lab
  •      Tas, T-Shirt & Cindera mata
  •      Sertifikat
  •      Coffee break & Lunch 
Paket Akomodasi
  •      City tour/Rekreasi di seputar kota Yogyakarta
  •      Penginapan / Hotel dekat dengan Malioboro
  •      Pemesanan Tiket pesawat, travel dan kereta api
  •      Antar jemput dari dan ke bandara, stasiun kereta, atau terminal





Post a Comment

0 Comments