Hubungan Internasional Antara Pemerintah Indonesia Dengan Republik Demokratik Timor Leste


 Republik Democratik Timor Leste


Baru baru ini pada bulan januari Pemerintah Indonesia diera kepemimpinan Presiden Joko Widodo berkujung ke Timor Leste dengan agenda untuk memperkuat hubungan internasioal anatara Indonesia dengan Timor Leste yang merupakan saudara kandung.

Kunjungan kenegaraan ini merupakan kunjungan yang pertama. Presiden Joko Widodo ke Timor Leste yang merupakan gebrakan yang sangat postif untuk mengunjungi saudara kandungnya yang telah memisahkan diri di era kepemimpinan Presiden BJ. Habibie.

Presiden Joko Widodo ingin kedepannya nanti hubungan antara Negara Demokratik Timor Leste dengan Indonesia semakin baik. Indonesia dengan Timor Leste berkeinginan menjadi Mitra Utama dalam Pembangunan Timor Leste. Pada saat Kunjungan DI Dili. Pesiden JokoWidodo bertemu Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak dan Perdana Menteri Timor Leste Maria De Araujo.

Ada beberapa isu yang menarik anatara kedua belah pihak antara lain penguatan kerja sama perdagangan, Investasi, energi, pembangunan infrastruktur serta komitmen bersama untuk memepercepat penyelesaian perbatasan.

Dalam kunjungan tersebut akan ditandatangani lima naskah kesepakatan (MoU), yaitu MoU Kerja Sama Pemuda dan Olahraga, MoU Kerja Sama Kearsipan; MoU Kerja Sama Klimatologi dan Geofisika; MoU Kerja Sama Search and Rescue; serta MoU Kerja Sama Energi, Petroleum dan Sumber Daya Mineral. Sebelum kembali ke Tanah Air, Presiden dan Ibu Negara bersama rombongan akan berkunjung ke Taman Makam Pahlawan Metinaro dan Taman Makam Pahlawan Seroja.

Post a Comment

0 Comments