Pelatihan Jurnalistik Untuk Kehumasan

PELATIHAN JURNALISTIK DI YOGYAKARTA

PELATIHAN JURNALISTIK UNTUK KEHUMASAN

Jurnalistik merupakan bagian dari media massa yang berhubungan dengan masyarakat luas. Oleh karena itu untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat luas haruslah menggunakan bahasa dengan kadar kemampuan minimal. Masyarakat pembaca media terdiri dari kalangan atas sampai bawah, sehingga bahasa yang digunakan juga harus disesuaikan kemampuan dengan pembaca. Itulah sebabnya bahasa yang digunakan harus memasyarakat sesuai dengan bahasa yang digunakan sehari-hari. Bahasa yang digunakan dalam jurnalistik adalah bahasa yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari sehingga semua orang dapat dengan mudah mencerna isi atau pesan yang disampaikan. Meskipun bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari, namun tidak boleh asal dalam menulis bahasa jurnalistik.

Keterbatasan kemampuan SDM dalam berkomunikasi akan mengakibatkan tidak efektifnya fungsi kehumasan khususnya bidang jurnalistik. SDM yang mempunyai latar belakang pendidikan formal dalam bidang yang terkait dengan jurnalistik atau komunikasi saja masih belum mencukupi.

Untuk mendukung kegiatan kehumasan, sudah seharusnya setiap SDM kehumasan perlu dibekali  pendidikan dan pelatihan SDM dalam bidang jurnalistik. Paling tidak, beberapa materi yang perlu dikuasai di antaranya teknik reportase dan penulisan berita, kiat menulis artikel dan feature, teknik wawancara, bahasa jurnalistik, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan jurnalistik atau kemampuan tulis-menulis.


Pelatihan Jurnalistik mempunyai tujuan :

  • Dengan mempunyai kemampuan tulis menulis diharapkan SDM kehumasan dapat mendukung kegiatan kehumasan institusi seperti mampu menulis siaran pers, advertorial, newsletter, majalah internal hingga company profile.
  • Mampu menulis dan menyunting naskah untuk media cetak, Blog, dan Media Sosial.
  • Memahami perbedaan karakter diantara berbagai naskah jurnalistik sehingga tidak “campur aduk”
  • Mampu mengemas naskah-naskah biasa menjadi naskah jurnalistik yang layak untuk diterbitkan dan menarik untuk dibaca

Pelatihan ini sangat cocok untuk bagian humas dan protokoler sehingga menambah wawasan dan pengalaman dalam mengikuti pelatihan ini.

Info Pelatihan :

Rina di 0822 1777 3801 atau 0274 4469 037 


Post a Comment

0 Comments