Pelatihan Manajemen Desa Yang Mandiri

Pelatihan manajemen desa dengan membangun masyarakat mesa menjadi mejahtera dan cerdas mandiri
 

Pelatihan Manajemen Desa Yang Mandiri



kehidupan masyarakat desa dirasakan semakin penting. Hal ini disebabkan karena sebagian besar penduduk tinggal di pedesaan, kini partisipasi masyarakat di dalam kegiatan pembangunan juga sangat diharapkan, mensyaratkan keadaan sumber daya manusia yang mumpuni, karena mereka inilah yang kelak akan lebih banyak menentukan bergerak atau tidaknya suatu daerah di dalam menjalankan kegiatan pembangunan dan pemerintahan pada umumnya.

Desa merupakan suatu daerah yang masih sejuk dan damai karena masih terdapat sawah , kebun dan ternak yang ada di sekitar pekarangan rumah mereka. banyak para petani kalau pagi bercocok tanam dan mencari makan untuk ternakmya.

Berdasarkan UU. Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, ditegaskan bahwa “Desa atau yang disebut dengan nama lain adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat, berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.


Tujuan pelatihan manajemen desa 

  • Agar pemerintah desa lebih transparan, akuntabel, sejahtera serta dapat mengharmonisasikan kebijakan program.
  •  Untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa ini , harus adanya pelatihan aparatur desa yakni pelatihan manajemen keuangan dan perencanaan pembangunan sehingga tidak lagi bergantung pada pendamping desa.
  •  Pendanaan desa harus direalisasikan dengan cermat seperti memanfaatkan warga sekitar untuk membangun desa dan memberikan uang bukan kepada pemborong atau investor tetapi kepada masayarakt desa sendiri. 

Info Pelatihan :
Zaini 
0818 0273 4566
Email:jhahe48@gmail.com

Post a Comment

0 Comments