PELATIHAN PROCUREMENT PENGADAAN BARANG DAN JASA


Pendahuluan


Procurement adalah proses pengadaan barang dan jasa dalam sebuah institusi. Pada organisasi bisnis, lembaga sosial, atau instansi pemerintah dalam proses pengadaan barang dan jasa yang baik biasanya telah memiliki peraturan internal terkait procurement, yang akan memastikan bahwa proses perencanaan pengadaan dan pemilihan supplier telah memenuhi standar umum dan dilakukan secara transparan. Dalam prakteknya seringkali timbul permasalahan dalam proses pelaksanaannya, mulai dari perencanaan yang tidak terintegrasi, perubahan harga dan pasokan tersedia, seleksi supplier yang mengundang potensi fraud, miskomunikasi, hingga Vendor/Supplier yang melanggar perjanjian yang ada di kontrak kerjasama.

Training  ini didesain secara khusus bagi sumber daya yang memiliki pekerjaan di bagian procurement. Secara jelas, dari siklus hingga permasalah yang terjadi, pengelolaan, dan relationship, disampaikan dengan tujuan, memberikan pelatihan procurement secara efisien dan effektif.


Tujuan & Manfaat Pelatihan


Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan memiliki kemampuan untuk;

1. Purchasing management process
2. Mengenal dan mempelajari proses seleksi dan evaluasi Vendor secara objective dan efektif.
3. Mempelajari dan mempraktekan proses penilaian kinerja supplier secara objective.
4. Dapat memahami kerangka pikir tentang peran penting menjalin kerjasama dengan Vendor.
5. Memahami proses pengadaan barang/ jasa sesuai dengan kebutuhan bisnis hingga mendapatkan beberapa 6. vendor yang memenuhi keriteria.
7. Dapat merumuskan strategi kerjasama dengan vendor, seperti strategi kolaborasi, outsourcing dll.
8. Menetapkan vendor terpilih dan menyusun pengikatan pengadaan barang/ jasa tertentu.


  Materi Pelatihan

A.   Manajemen strategi
  • Memahami pembelian material untuk organisasi
  • Memahami purchasing management process
  • Apa yang disebut dengan strategic management
  • Environment threat and opportunity profile (ETOP)
  • Apa yang dimaksud dengan Purchasing Strategy
  • Peran purchasing dalam supply chain
  • Proses Strategis Purchasing

B.   Peran Pengadaan dalam Organisasi

  • Pentingnya purchasing dalam kehidupan organisasi di era globalisasi
  • Objektif kegiatan pengadaan
  • Pentingnya aspek kualitas dalam kegiatan pengadaan
  • Aspek hukum pengadaan barang
  • Hubungan departemen pengadaan dengan departemen lain
  • Diskusi tentang persoalan purchasing management

C. Strategi dan kebijakan pengadaan

  •  Model strategi pengadaan
  •  Cara mengukur bargaining position organisasi  dengan supplier
  •  Kebijakan pengadaan
  •  Proses pengadaan
  •  Teknologi informasi dalam bidang pengadaan
  •  Diskusi tentang perumusan strategi pengadaan.


D. Total cost ownership

  • Market Price, Proposal Price, Historical Price, Target Price
  • Total cost ownership dengan Konsep Present Value


E.Forecasting Demand

  •  Taxonomi Metode Forecasting
  •  Error dalam Forecasting
  •  Pola data masa lalu
  •  Perhitungan Forecasting dengan berbagai metode kuantitatif


F.  Teknik Pemilihan Supplier dan Supplier Development
  •     Teknik pemilihan subkontraktor
  •     Teknik evaluasi supplier
  •     Teknik Pembinaan supplier

G.Pengadaan barang dan jasa dari pasar Internasional

  •     Manfaat pengadaan Internasional
  •     Sumber informasi barang dan jasa Internasional
  •     Masalah yang biasanya dihadapi dalam pengadaan Internasional


H.  Strategi dan Teknik Negosiasi

  •     Apa manfaat negosiasi
  •     Price Analysis for Negotiation
  •     Teknik perencanaan dan persiapan negosiasi
  •     Diskusi tentang permasalahan yang biasa dihadapi dalam negosiasi

I.     Studi kasus dan diskusi

  •     Studi kasus ini berupa pembahasan masalah purchasing management yang dihadapi oleh sebuah Organisasi
  •     Solusi didapat dari hasil diskusi kelompok dan diskusi seluruh peserta


Info pelatihan : Hubungi 0818 0273 4566 / WA

 

Post a Comment

0 Comments