Pelatihan Legal Drafting

 
Pelatihan Legal Drafting dari MCIA Timor Leste di Technophoria Yogyakarta


Legal drafting sangat diperlukan sekali dijaman seperti sekarang ini apalagi untuk instansi pemerintah, dalam membuat kebijakan berupa perencanaan pembangunan di pemerintah kabupaten/kota baik rencana jangka menengah.

Legal drafting juga sangat diperlukan jika anda membuat sebuah aplikasi dan aplikasi biar mempunyai dasar hukum atau landasan hukum serta supaya apliasi tersebut digunakan oleh semua SKPD maka perlu di buat aturan hukum seperti PERDA maupun PERBUP.

Legal drafting adalah kegiatan atau praktek hukum yang menghasilkan peraturan, sebagai contoh; Pemerintah membuat Peraturan Perundang-undangan; Hakim membuat keputusan Pengadilan yang mengikat publik; Swasta membuat ketentuan atau peraturan privat seperti; perjanjian/kontrak, kerjasama dan lainnya.

semua itu bisa dilatih dengan mengikuti pelatihan Legal Drafting di Technophoria Yogyakarta. Adapun Pelatihan Legal Drafting ini bertujuan untuk membekali peserta agar mampu memahami proses terbentuknya suatu peraturan perundangan-undangan, menyikapi benturan yang terjadi karena tumpang tindihnya peraturan yang satu dengan yang lain, dan memahami bagaimana cara membuat peraturan perundang-undangan yang lebih tepat agar dapat dilaksanakan dengan baik.

Materi pelatihan Legal Drafting menitik beratkan pada bidang norma hukum peraturan perundang-undangan, jenis dan hirarki peraturan perundang-undangan, perancangan peraturan perundang-undangan dan pembangunan nasional, penulisan laporan penelitian untuk perancangan peraturan perundang-undangan (penulisan naskah akademis), format peraturan perundang-undangan dan penyusunan struktur pengaturan, penyusunan kalimat pengaturan, dan perancangan untuk perubahan dan pencabutan peraturan perundang-undangan. Sedangkan metode pelatihan dilaksanakan dalam bentuk presentasi tentang konsep penyusunan perundang-undangan, diskusi, latihan dan studi kasus.


Post a Comment

0 Comments