PELATIHAN TEKNIK EKSKAVASI DAN MANAJEMEN PELESTARIAN CAGAR BUDAYA


Pada hari Senin tanggal 20 bulan november tahun 2017 Peserta dari kementerian Pendidikan dan Kebudayaan direksi Kebudayaan tiba di technophoria untuk mengikuti pelatihan Manajemen Pelestarian Cagar Budaya dan Teknik Ekskavasi yang rencananya sampai dengan tanggal 27 bulan november tahun 2017. 

Dengan narasumber Mr. Drs. Muhammad Taufik, M.A untuk mengisi materi Manajemen Pelestarian Cagar Budaya dan Mr. Yudhis untuk mengisi materi Teknik Eskavasi, beliau merupakan Staf di Instansi Balai Pelestarian Cagar Budaya di Provinsi DIY.

Sebelum pelatihan dimulai para peserta MEC Republic Demokratic Timor Leste mengikuti Opening Ceremony yang dipimpin oleh Mr. Ir. Iman Suaji yang mewakili Direktur Technophoria yang sedang melakukan perjalanan ke Luar Negeri dan diikuti Staff Technophoria selama 30 menit, kemudian dilanjutkan dengan materi kelas yang disampaikan oleh Mr. Muh Taufik . Dalam pelatihan Manajemen Pelestarian Cagar Budaya ini narasumber dan peserta berdiskusi tentang materi cagar budaya seperti, Candi, bebatuan atau warisan budaya yang ada di muka bumi ini. para peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Selain diberi materi Manajemennya tentang pelestarian cagar budaya, juga diajak mengunjungi candi prambanan, candi merah yang merupakan warisan nenek moyang bangsa indonesia.
PENGERTIAN EKSKAVASI

Pengertian Ekskavasi dalam Kepurbakalaan adalah salah satu teknik pengumpulan data melalui penggalian tanah yang dilakukan secara sistematik untuk menemukan satu atau himpunan tinggalan arkeologi dalam situasi insitu. Dalam kegiatan ini akan digunakan sistem Tespit dengan cara membuat titik-titik kotak galian secara acak, dimana sistem ini berbentuk kotak-kotak yang berpencar sporadis di sekitar cagar budaya yang akan diberi zona pelindungan, sedangkan teknik penggaliannya menggunakan lot, imana setiap lot ditentukan oleh perubahan data arkeologis. Dengan ekskavasi diharapkan akan diperoleh sebaran temuan, hubungan antar temuan, stratigrafis tanah, lingkungan alam dan manusia setelah temuan mengalami deposit.


TUJUAN EKSKAVASI

Tujuan dari ekskavasi adalah untuk mengamati/ mengecek sumberdaya arkeologi dalam area tertentu atau situs yang dijadikan objek penelitian, lebih memahami dan menghubungkannya dengan catatan rekaman terakhir tentang tinggalan tersebut, menganalisis, dan menginterpretasikan hasilnya, serta menyebarkannya.

Dengan mengikuti pelatihan Teknik Ekskavasi dan manajemen cagar budaya ini peserta di harapkan dapat menerapkan ilmu di instansi kementerian pemdidikan dan kebudayaan.

Info Pelatihan
081802734566

 

Post a Comment

0 Comments