PELATIHAN BUDIDAYA PERAIRAN

PELATIHAN BUDIDAYA PERAIRAN 


Perairan tawar di Indonesia saat ini masih memiliki potensi yang cukup besar untuk dimanfaatkan sebagai lahan budidaya ikan. Apabila dibandingkan dengan luas perairan yang ada, hasil budidaya ikan air tawar di Indonesia belum maksimal.


Walaupun permintaan di tingkat pasaran lokal akan ikan mas dan ikan air tawar lainnya selalu mengalami pasang surut , namun dilihat dari jumlah hasil penjualan secara rata-rata selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.  Permintaan pasar ikan mas yang tetap tinggi bukan tak beralasan, selain rasanya sangat lezat dengan kandungan gizi tinggi sehingga sangat cocok dijadikan sebagai sumber gizi keluarga.


Budi daya perairan adalah bentuk perikanan budi daya, untuk dipertentangkan dengan perikanan tangkap. Di Indonesia, budi daya perairan dilakukan melalui berbagai sarana. Kegiatan budi daya yang paling umum dilakukan di kolam/empang, tambak, tangki, karamba, serta karamba apung.

 Budi daya perairan (akuakultur) merupakan bentuk pemeliharaan dan penangkaran berbagai macam hewan atau tumbuhan perairan yang menggunakan air sebagai komponen pokoknya. Kegiatan-kegiatan yang umum termasuk di dalamnya adalah budi daya ikan, budi daya udang, budi daya tiram, budi daya rumput laut (alga). Dengan batasan di atas, sebenarnya cakupan budi daya perairan sangat luas namun penguasaan teknologi membatasi komoditi tertentu yang dapat diterapkan.


Technophoria yang bergerak pada bidang pelatihan IT dan SDM mengadakan pelatihan Budidaya Perairan, dimana pelatihan tersebut bisa dilakukan secara In house maupun datang langsung ke Technophoria Yogyakarta.


Tujuan Pelatihan


Peserta diharapkan mampu untuk melakukan pembenihan dan pembesaran organisme yang mendukung produktivitas perairan pantai yang keberlanjutan dan bernilai ekonomis penting.
Peserta dapat menerapan dan memanfaatkanan ilmu dan teknologi pakan organisme budidaya perairan pantai.
Penerapan dan pemanfaatan teknologi rekayasa budidaya, genetika dan pemuliabiakan organisme budidaya perairan pantai.
Penerapan dan pengelolaan lingkungan budidaya perairan pantai
Penerapan dan pengelolaan kesehatan organisme budidaya perairan pantai.


Pelatihan selama 3 Hari
Bisa dilaksanakan In House Minimal 10 Peserta
Waktu Pelatihan Fleksibel.
Fasilitas : Tas, Lunch, Snacke, Hotel, T-shert, Modul


INFO : 0818 0273 4566


PELATIHAN BUDIDAYA PERAIRAN


PELATIHAN BUDIDAYA PERAIRAN






Post a Comment

0 Comments